Home » , , » Apakah Rumah Minimalis itu?

Apakah Rumah Minimalis itu?

Tidak sedikit orang yang menyangka dan membayangkan bahwa sebuah rumah minimalis itu adalah rumah yang berwarna putih, hambar dan kosong tanpa ruangan atau bahkan hanya sedikit furniture di dalamnya. Seolah merasakan sesuatu yang tidak fresh dan sangat menyebalkan, tidak dekoratif dan terkesan kaku.


apakah rumah minimalis itu?
Image by Flickr.com


Benarkah pernyataan di atas?  Uraian berikut akan menjawab peryataan di atas sekaligus menjawab pertanyaan judul artikel kali ini -apakah rumah minimalis itu?

Filsafat dasar minimalis adalah bagaimana mengurangi unsur atau elemen rumah yang tidak atau kurang berguna namun tidak mengurangi keindahan dan kenyamanan rumah atau interior. Rumah atau ruangan harus tetap menjadi indah, nyaman dan bebas stress, ini ide yag tidak boleh diabaikan. Ketika kita mencoba untuk mengurangi semua bagian yag tidak berguna dari sebuah rumah, namun rumah malah menjadi tidak nyaman dan tidak segar, berarti ide minimalis untuk rumah kita belum berhasil.

Bagaimana agar ide membuat rumah minimalis berhasil dan hidup? Rumah minimalis harus memiliki karakteristik atau beberapa elemen penting sebagai berikut:

Pada bagian interior, semua bagian harus bersih dan rapi, hiasan yang berlebihan sebaiknya dikurangi dan gunakan yang sederhana saja, namun tetap bermakna. Misalnya gunakan lukisan yang simple dan gunakan satu saja untuk sebuah ruangan. Pada bagian dapur, bersihkan semua peralatan dapur dari tempat bergantung - menyimpan dalam lemari atau kabinet akan menjadi rapi dan kesan minimalis akan muncul dengan sendirinya.

Melengkapi interior dengan furniture sederhana. Ruang tamu, kamar dan ruangan lainnya harus menggunakan furniture yang sederhana saja, tidak ada sentuhan dekoratif bentuk klasik atau mewah. “Simple but elegance”. Soft furnishing yang lembut dengan warna netral akan lebih berkesan dan modern.

Memiliki jendela yang sederhana dengan disain yang panjang dan menggunakan hordeng yang sederhana. Tidak menggunakan  fancy rails, pelmets dan tie-backs yang mewah, semua sederhana.Gunakan gorden dari bahan yang polos  bercorak sederhana, atau memiliki elemen garis lurus.

Adanya sentuhan pribadi. Sebenarnya disain minimalis mencerminkan gaya hidup dan sentuhan pribadi pemilik rumah. Anda boleh memasang lukisan favorit Anda di atas meja  atau digantung di dinding dengan ukuran yang besar, dan berbingkai merah atau cokelat mahoni. Tetapi sebaiknya tidak terlalu banyak, sebab ruangan malah akan menjadi berantakan dan hambar.

Memiliki banyak ruang penyimpanan atau lemari penyimpanan yang rapi dan terorganisir. Hal ini berguna untuk mentimpan semua berkas dan peralatan Anda dengan rapi, tidak bergantungan di sana-sini. Pastikan bahwa lemari penyimpanan ditata dengan baik dengan jarak yang teratur. Jadi masing-masing bagian dan nama benda yang berada di dalam rumah terdeteksi dengan jelas.

Memiliki rasa nyaman dan fresh di dalam ruangan yang minim menunjukkan gaya minimalis telah Anda ciptakan dengan sukses.

Interior Rumah Minimalis
Image by Flickr.com


0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Support : Disain Rumah Minimalis
Copyright © 2014. Disain Rumah Minimalis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger